bank bjb


Cuaca Seluruh Kota / Kabupaten di Jatim Hari Ini versi BMKG, Banyak yang Berawan Tebal

  Kamis, 22 Juli 2021   M. Naufal Hafizh
Cuaca Seluruh Kota / Kabupaten di Jatim Hari Ini versi BMKG, Banyak yang Berawan Tebal. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- BMKG Juanda merilis prakiraan cuaca seluruh kota / kabupaten di Jatim untuk hari ini, Kamis, 22 Juli 2021. Ada sejumlah wilayah yang mengalami cuaca awan tebal.

Meski begitu, sejumlah wilayah lainnya cerah seiring memasuki puncak kemarau tahun ini yang diprediksi tejadi bulan Agustus.

Berikut ini daftar lengkap prakiraan cuaca 39 kota / kabupaten di Jatim yang dikutip dari BMKG Juanda:

cuaca-jatim-hari-ini-kamis

cuaca-jatim-hari-ini-kamis-2

Kemarau 2021

BMKG memprediksi Indonesia masuk musim kemarau secara bertahap mulai April 2021, demikian disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Kemarau, kata Dwikoita, diprediksi mulai terjadi pada April 2021 yaitu untuk wilayah Nusa Tenggara dan Bali, lalu wilayah Jawa. Kemarau pun akan melanda sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi pada Mei hingga Juni 2021.

Dari total 342 Zona Musim di Indonesia, 22,8 persen diprediksi mengawali musim kemarau pada April 2021, yaitu beberapa zona musim di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa.

Kartu Prakerja Gelombang 18 Dibuka Juli 2021? Segera Daftar di Situs Resmi Ini

Adapun sebanyak 30,4% wilayah akan memasuki kemarau mulai Mei 2021, meliputi sebagian Nusa Tenggara, sebagian Bali, Jawa, Sumatera, sebagian Sulawesi, dan sebagian Papua.

Sebanyak 27,5 persen wilayah bakal memasuki Musim Kemarau pada Juni 2021, meliputi sebagian Sumatera, Jawa, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, sebagian kecil Maluku, dan Papua.

"Musim Kemarau pada tahun 2021 akan datang lebih lambat dengan akumulasi curah hujan yang mirip dengan kondisi musim kemarau biasanya. Artinya, musim kemarau 2021 cenderung normal dan kecil peluang terjadinya kekeringan meteorologis," ujar Dwi, Kamis (25/3/2021) dilansir Suara.com.

Cara Menurunkan Gula Darah dengan Teh Daun Kelor & Angka Gula Darah Normal

Puncak Kemarau 2021

Adapun, puncak musim kemarau 2021 di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi pada Agustus 2021. Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, institusi terkait, serta seluruh masyarakat diharapkan lebih siap untuk mengantisipasi kemungkinan dampak musim kemarau terutama di wilayah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan, dan rawan terjadi kekurangan air bersih.

Pemerintah Daerah dapat lebih optimal melakukan penyimpanan air pada musim kemarau ini untuk memenuhi danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya di masyarakat melalui gerakan memanen air hujan.

4 Cara Mengatasi Asam Urat Alami di Rumah

Itulah informasi mengenai cuaca Jatim hari ini menurut BMKG.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

_atrk_opts = { atrk_acct:"XGeit1zDGU20kU", domain:"ayosurabaya.com", dynamic: true}; (function() { var as = document.createElement('script'); as.type = 'text/javascript'; as.async = true; as.src = "https://certify-js.alexametrics.com/atrk.js"; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s.parentNode.insertBefore(as, s); })();