bank bjb


Warga Isoman Surabaya Dianjurkan Dirawat di Tempat yang Disediakan Kelurahan

  Rabu, 21 Juli 2021   Praditya Fauzi Rahman
Nakes sedang merawat pasien Covid-19. (Kavin Faza)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Pemerintah resmi memperpanjang durasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Namun, kini berganti julukan menjadi PPKM Level-4.

Lantas, bagaimana dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya? Apakah masih melanjutkannya?

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, pihaknya telah mengevaluasi pelaksanaan PPKM Darurat selama 2 pekan terakhir. Ia menyebut sudah ada penurunan kasus Covid-19 di Kota Surabaya kendati tak signifikan.

"Dari PPKM Darurat yang dilakukan evaluasinya, memang Surabaya ada penurunan, meskipun belum signifikan, tapi sudah ada penurunan," kata Eri, Rabu (21/7/2021).

Meski begitu, Eri menegaskan bahwa Pemkot Surabaya tetap melakukan antisipasi serupa untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satu opsi teranyar adalah mewajibkan warga yang terkonfirmasi Covid-19 melakukan isoman di setiap kelurahan.

"Saya sudah sampaikan di masing-masing kelurahan, ada tempat isolasi mandiri di kelurahan. Hari ini, sudah siap tempatnya semua, Jumat (23/7/2021) sudah operasional," ujarnya.

Zona Merah di Jatim Naik dari 19 Menjadi 33 Kabupaten/Kota, Ini Daftarnya

Mengapa harus demikian?

Eri ingin, warga yang memiliki rumah tak layak huni atau tidak memenuhi persyaratan melakukan isolasi mandiri (isoman) bisa mendapat penanganan lebih lanjut. Pun dengan pengawasan dan pemulihan hingga dinyatakan sebagai penyintas Covid-19.

"Sehingga, tidak ada lagi warga Surabaya yang 1 keluarga diisolasi mandiri, kalau rumahnya tidak memenuhi syarat untuk isolasi mandiri. 1 sakit 4 negatif, jadi kita harus tarik (melakukan isoman di masing-masing tempat yang disediakan kelurahan)," tuturnya.

Eri berharap, setiap lurah dan camat di kota pahlawan harus melakukan pendekatan kepada warganya untuk memberikan pengertian ihwal isoman. Dengan begitu, upaya Pemkot untuk memberangus mata rantai Covid-19 bisa tepat sasaran.

Pekan Ini, Surabaya Berstatus Zona Merah

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

_atrk_opts = { atrk_acct:"XGeit1zDGU20kU", domain:"ayosurabaya.com", dynamic: true}; (function() { var as = document.createElement('script'); as.type = 'text/javascript'; as.async = true; as.src = "https://certify-js.alexametrics.com/atrk.js"; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s.parentNode.insertBefore(as, s); })();