bank bjb


Batalkah Wudhu Jika Makan dan Minum? Ini Penjelasannya

  Selasa, 15 Juni 2021   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi berwudhu (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Terdapat sejumlah hal yang dapat membatalkan wudhu dan membuat seseorang harus kembali bersuci sebelum sholat. Makan dan minum termasuk kegiatan yang banyak mengundang pertanyaan terkait keabsahan wuhdu.

Dilansir dari Republika, Selasa 15 Juni 2021, para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini. Mengutip Akhmad Faozan dalam buku 500 Kelalaian dalam Shalat, para ulama berbeda pendapat soal makan daging unta yang dianggap dapat membatalkan wudhu.

Disebutkan, sebagian ulama ada yang mengatakan makan daging unta tidak membatalkan wudhu. Namun, sebagian lain berpendapat makan daging unta dapat membatalkan wudhu.

Hal ini mengacu pada jawaban Rasulullah SAW ketika ditanya apakah harus berwudhu karena makan daging unta. Nabi menjawab, "Ya." Begitu pula memakan usus, hati, babat atau sumsumnya disebut dapat membatalkan wudhu lantaran itu sama dengan dagingnya. Namun, meminum air susu unta disebutkan tidak membatalkan wudhu. Sebab, Rasulullah SAW pernah menyuruh suatu kaum minum air susu unta dan tidak menyuruh mereka berwudhu sesudahnya.

Namun pada hadis Jabir bin Samurah disebutkan orang yang memakan daging kambing dibolehkan memilih berwudhu kembali atau tidak. Rasulullah SAW saat ditanya, "Apakah saya harus berwudhu karena memakan daging kambing?" Beliau menjawab, "Jika mau silakan berwudhu, dan jika tidak, kamu tidak perlu berwudhu."

Sementara itu, berwudhu karena memakan makanan yang tersentuh api hukumnya sunnah. Seperti dikutip dari Ensiklopedi Shalat Jilid 1, hal demikian didasarkan pada sabda Nabi SAW yang berbunyi, "Berwudhulah kalian karena memakan sesuatu yang tersentuh oleh api."

Hal ini kemudian ditegaskan dari hadits Ibnu 'Abbas, 'Amr bin Umayyah, dan Abu Rafi', bahwa Nabi SAW pernah memakan daging yang tersentuh api, kemudian beliau shalat dengan tidak berwudhu lagi. Hal demikian menunjukkan disunnahkan wudhu karena memakan makanan yang tersentuh api. 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

_atrk_opts = { atrk_acct:"XGeit1zDGU20kU", domain:"ayosurabaya.com", dynamic: true}; (function() { var as = document.createElement('script'); as.type = 'text/javascript'; as.async = true; as.src = "https://certify-js.alexametrics.com/atrk.js"; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s.parentNode.insertBefore(as, s); })();