bank bjb


OBAT ALAMI ASAM URAT dan Sayuran yang Dianjurkan bagi Penderitanya

  Selasa, 15 Juni 2021   Andres Fatubun
Buah ceri dinilai efektif menurunkan kadar asam urat, sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat. . (congerdesign dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Ada beragam pilihan obat alami asam urat yang bisa Anda coba, baik yang alami hingga obat-obatan medis. Prinsip kerja obat alamu asam urat umumnya dibagi menjadi dua cara, yakni meredakan rasa sakit dan mengurangi penumpukan kadar asam urat di dalam tubuh.

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang terjadi akibat adanya penumpukan asam urat dalam darah. Penyakit ini ditandai dengan nyeri sendi berat yang menyerang secara tiba-tiba dan bertahan cukup lama. Sendi juga bisa mengalami pembengkakan dan kekakuan.

Gejala yang disebabkan penyakit asam urat bisa sangat mengganggu hingga memengaruhi aktivitas sehari-hari. Padahal, penyakit ini lebih banyak dialami oleh pria berusia 30–50 tahun yang tergolong masih produktif. Oleh karena itu, penggunaan obat asam urat sangat penting agar keluhan akibat kondisi ini bisa teratasi.

Obat Alami Asam Urat

Sebelum bertemu dengan dokter, ada beberapa obat asam urat alami yang bisa Anda coba untuk meringankan keluhan penyakit asam urat. Obat asam urat alami ini bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat darah, sehingga juga menurunkan risiko terjadinya serangan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kopi
Manfaat kopi sebagai obat asam urat alami telah didukung oleh banyak penelitian. Kopi mengandung asam klorogenat yang dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine. Selain itu, kopi juga diduga dapat menghalangi kerja enzim yang menghasilkan asam urat, sehingga kadar asam urat darah menurun.

Meski demikian, pertimbangkan penggunaan kopi jika Anda juga memiliki kondisi kesehatan yang membuat Anda perlu membatasi konsumsi minuman ini, misalnya tekanan darah tinggi atau aritmia.

2. Buah kaya antioksidan
Buah berwarna gelap seperti anggur, blackberry, blueberry, dan raspberry sangat membantu menjaga agar kadar asam urat tetap terkendali. Buah ceri juga dinilai efektif menurunkan kadar asam urat, sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat.

3. Makanan kaya vitamin C
Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Vitamin ini memiliki sifat spesial yang dapat meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine, sehingga kadar asam urat darah juga menurun.

4. Akupunktur
Teknik akupunktur dipercaya dapat menekan produksi asam urat dalam tubuh dan mencegah serangan asam urat. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat akupunktur sebagai obat asam urat alami. Meski begitu, manfaat akupunktur untuk meredakan nyeri kronis dan radang sendi sudah dibuktikan, sehingga bisa bermanfaat untuk penderita penyakit asam urat.

Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Jika Anda mengalami penyakit asam urat, Anda perlu lebih cermat dalam memilih makanan atau minuman yang dikonsumsi. Jika tidak, rasa nyeri yang Anda rasakan bisa semakin memburuk. Konsumsi obat-obatan untuk mengobati asam urat merupakan langkah tepat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengatasi nyeri.

Namun, menjaga pola makan sehat juga penting untuk meminimalkan serangan dan mengurangi tingkat keparahan penyakit asam urat yang mungkin Anda alami.

Berikut ini adalah daftar sayuran untuk penderita asam urat yang dianjurkan:

1. Ubi Jalar
Sayuran yang berasal dari akar seperti ubi jalar dan wortel mengandung jumlah purin paling rendah. Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, ubi jalar dan wortel termasuk ke dalam sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

2. Terung dan tomat
Selain wortel, terung dan tomat juga merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Tak hanya rendah purin, terung dan tomat juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

3. Brokoli
Kandungan vitamin C di dalam sayuran hijau, seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat sehingga baik dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

4. Kentang
Kentang merupakan sayuran rendah purin dan kaya akan vitamin C, yang dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan
Penderita asam urat umumnya dianjurkan untuk menjauhi protein hewani. Agar asupan protein dalam tubuh tetap terjaga, konsumsi kacang-kacangan dapat menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan kacang termasuk jenis makanan yang mengandung protein tinggi.

6. Bayam
Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung purin. Namun menurut penelitian, purin yang berasal dari sayuran aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

7. Jamur
Jamur kaya akan serat dan rendah kalori. Sama seperti bayam, jamur juga merupakan sayuran yang baik untuk penderita asam urat.

Itulah informasi tentang obat alami asam urat dan jenis sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi guna meminimalkan serangan dan mengurangi tingkat keparahan penyakit asam urat.  

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

_atrk_opts = { atrk_acct:"XGeit1zDGU20kU", domain:"ayosurabaya.com", dynamic: true}; (function() { var as = document.createElement('script'); as.type = 'text/javascript'; as.async = true; as.src = "https://certify-js.alexametrics.com/atrk.js"; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s.parentNode.insertBefore(as, s); })();