bank bjb


Antisipasi Zona Merah, Pemkot Surabaya Galakan Tes Covid-19 di Pusat Perbelanjaan

  Selasa, 15 Juni 2021   Praditya Fauzi Rahman
Rapid Test Covid-19 di pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan akan digalakan. (ayosurabaya)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, tak ingin wilayahnya masuk zona merah Covid-19. Maka dari itu, ia ingin masyarakat bersama sejumlah pihak untuk melakukan Tracing, Testing, dan Treatment (3T) untung mengantisipasi persebaran Covid-19 Surabaya

"Tidak boleh kita melewati dan mengalami zona merah lagi, oleh karena itu kita melakukan 3T," kata Eri, Selasa (15/6/2021).

Eri mengaku, pihaknya telah menyepakati untuk melakukan tes di sejumlah titik kerumunan masyarakat. Menurutnya, kini Satgas Covid-19 Surabaya tak hanya menyasar pasar saja, tapi juga pusat perbelanjaan modern atai mall.

PESERTA GELOMBANG 17 yang Akan Dicabut Panitia dan Masuk Daftar Hitam

"Ini (mall) juga kerumunan loh. Karena itu, kita lakukan juga (tes Covid-19) di mall dan semua tempat yang ada 5 M itu ada di mall, pasar, terus warung-warung," ujarnya. 

Dengan begitu, Eri ingin masyarakat semakin taat prokes. Sehingga Covid-19 Surabaya dapat ditekan.

Eri menyebutkan, hingga Senin (14/6/2021) kemarin, yang positif atau yang terkonfirmasi Covid-19 mencapai 170 orang lebih. Sebelum lebaran Idul Fitri 1442 H, hanya 100. Artinya, mengalami peningkatan hingga 50%.

"Kalau dihitung dari jumlah warga Surabaya, itu sekitar 0,7% dari warga Surabaya. Tapi, pemerintah ini harus cepat tanggap agar ini turun atau landai. Kalau kita lepas, berangkat ini (tambah naik kasus)," tuturnya.

Maka dari itu, Eri menggandeng Kapolrestabes Surabaya, Kombes Jhonny Eddizon Isir dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Ganis Setyaningrum untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 dan optimis bisa mengubah status zona kuning menjadi hijau. Sehingga, Pemkot Surabaya meningkatkan swab-swab masal untuk mengurangi angka positif Covid-19.

"Meskipun vaksin sudah dilakukan, jangan pernah meremehkan. Untuk warga Surabaya, tetap jaga prokes. Yang di mall ini (swab test), terus berlanjut, InsyaAllah ada beberapa mall. Tapi tunggu tanggal mainnya ya, saya gak kasih tau dulu," tutupnya.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

_atrk_opts = { atrk_acct:"XGeit1zDGU20kU", domain:"ayosurabaya.com", dynamic: true}; (function() { var as = document.createElement('script'); as.type = 'text/javascript'; as.async = true; as.src = "https://certify-js.alexametrics.com/atrk.js"; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s.parentNode.insertBefore(as, s); })();