bank bjb


Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Kapasitas Pasien RSLI Surabaya Hampir Penuh

  Minggu, 13 Juni 2021   Praditya Fauzi Rahman
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Ganip Warsito saat menyambangi RSLI Surabaya, Minggu (13/6/2021).

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya kian bertambah. Penambahan pasien tersebut berasal dari warga Madura yang terindikasi Covid-19 saat menjalani swab test antigen di penyekatan Suramadu.

Penanggungjawab RSLI Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan, gelombang kiriman pasien dari kasus positif Covid-19 Bangkalan dan hasil penyekatan Suramadu terus mengalir. Menurutnya, dengan kapasitas 400 bed, saat ini sudah terisi 324 pasien. Maka dari itu, RSLI tengah mempersiapkan penambahan bed dan personil tenaga kesehatan (nakes).

"Dalam waktu dekat, akan diupayakan penambahan dokter dan perawat yang kemungkinan besar dari TNI karena urgen dan mendesak. Juga akan segera diupayakan penambahan bed untuk mengantisipasi bertambahnya pasien secara signifikan, terutama dari Madura," kata Nalendra, Minggu (13/6/2021).

AYO BACA : Hal yang Menyebabkan Kepersertaan Gelombang 17 Kamu Dicabut Panitia

Dari 324 pasien yang dirawat di RSLI Surabaya, terdiri dari:
- Pekerja Migran Indonesia(PMI) 80 orang, 
- Klaster pondok 14 orang, 
- Penyekatan dan area Madura 145 orang,
- Umum 85 orang. 

"Untuk klaster pondok, mereka semuanya masih muda, berusia di bawah 24 tahun," ujarnya.

Untuk klaster pondok, Nalendra mengungkapkan kondisi CT Value para pemuda dibawah 25. Sedangkan, untuk klaster penyekatan dan beberapa daerah di Madura, dari 149 pasien yang masuk, 137 diantaranya memiliki CT Value dibawah 25. 

AYO BACA : Zona Kuning Mendominasi Kota Surabaya

"Jadi, dapat dikatakan hampir 92% berada pada kondisi yang sangat infeksius dan berpotensi menular. Sementara, masih puluhan orang penderita Covid-19 yang masuk daftar antri masuk (inden) ke RSLI Surabaya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Ganip Warsito berharap, dengan naiknya angka Covid-19 di Jatim serta adanya kasus Covid-19 di Bangkalan, operasional RSLi tetap dilanjutkan. Menurutnya, hal tersebut bisa membantu mengatasi masalah penyebaran Covid-19 Surabaya.  

"Kalian tetap terus jadi Relawan ya, bantu rumah sakit melayani pasien Civid-19 hingga tuntas," tutup Ganip usai menyambangi RSLI.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 itu mengapresiasi relawan RSLI yang telah berjibaku sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 Surabaya.

 

AYO BACA : Detik-detik Menegangkan Saat Pemain DenmarkTerkapar di Lapangan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

_atrk_opts = { atrk_acct:"XGeit1zDGU20kU", domain:"ayosurabaya.com", dynamic: true}; (function() { var as = document.createElement('script'); as.type = 'text/javascript'; as.async = true; as.src = "https://certify-js.alexametrics.com/atrk.js"; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s.parentNode.insertBefore(as, s); })();