3 Tips Membaca Cepat dan Efektif

  Kamis, 10 Juni 2021   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi membaca (Thought Catalog/Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Untuk dapat bisa membaca cepat namun tetap efektif, diperlukan trik khusus yang mudah untuk dipelajari. Hal ini dapat berguna ketika Anda memiliki setumpuk jurnal ataupun target bacaan yang dirasa tak kunjung selesai.

Tak sekedar membaca terus-menerus, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar proses membaca Anda lebih progresif. Tiga di antaranya adalah : 

1. Gunakan metode preview

Melakukan preview buku berarti menyiapkan diri untuk meresap informasi-informasi terpenting dari buku tersebut secara garis besar, tanpa harus membaca seluruh teks-nya.
Sebelum memulai, Anda dapat menentukan terlebih dahulu tujuan dari membaca buku ataupun jurnal yang tengah dihadapi. Informasi apa yang ingin saya ketahui?

Setelah menemukan tujuan, bacalah struktur buku sehingga kita dapat paham pemetaan ide-ide pokok di dalamnya. Baca judul, sub-judul, paragraf-paragraf pembuka , dan kalimat pertama dari tiap-tiap paragraf selanjutnya. Lakukan hal yang sama pada bab-bab berikutnya.

Cara ini dapat membantu Anda menyerap informasi hingga 40 persen dari sebuah buku. Bila tujuan yang sudah ditentukan di awal berhasil terjawab lewat metode ini, maka Anda bisa menghemat waktu untuk membaca buku berikutnya.

2. Kaitkan isi buku dengan keseharian Anda

Untuk mempermudah memahami isi suatu bacaan, terutama buku-buku yang menjelaskan suatu konsep tertentu, Anda bisa mencoba mengaitkannya dengan kenyataan yang ada dalam hidup sehari-hari.

Misalnya, ketika Anda tengah membaca buku tentang konsep hidup minimalis, Anda bisa sekalian membandingkannya dengan kehidupan yang dijalani sekarang. Seberapa selaras hidup Anda dengan konsep yang tengah dibaca?

Bila perlu, sediakan juga notes dan alat tulis, untuk mencatat setiap munculnya pemahaman dan atau ide-ide baru selagi membaca. Melakukan hal ini dapat mencegah pikiran Anda 'bertualang' ke hal lain yang tidak relevan ketika membaca. 

3. Terapkan teknik baca cepat

Jalan membaca cepat ini bisa dipakai disaat-saat kepepet dan butuh membaca banyak buku. Dua cara yang paling banyak dilakukan orang adalah teknik skimming dan scanning.

Kedua cara tersebut memiliki metode serupa, yakni membaca suatu buku dengan ‘mata yang memindai halaman’, alias hanya berfokus untuk mencari kata-kata kunci yang dibutuhkan dan poin-poin pokok setiap paragraf. Sehingga, Anda bisa mendapat gambaran umum suatu isi buku dalam waktu relatif cepat.

Hindari juga regresi atau membaca ulang. Ada kalanya seseorang merasa stuck dan kesulitan memahami isi suatu pararaf, hingga halaman yang sama dibaca berulang-ulang. Hal semacam ini lebih baik dihindari, karena bisa menghambat kecepatan baca. Terkadang, dengan membaca paragraf dan konteks selanjutnya,bisa membantu kita memahami maksud dari paragraf sebelumnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar