THR PNS Baru Terealisasi 52,17%, Kapan Sisanya?

  Jumat, 07 Mei 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi ASN. (ayosurabaya)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Pemerintah telah mencairkan tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS) sebesar Rp16,07 triliun per 5 Mei 2021. Angka tersebut baru terealisasi 52,17 persen dari alokasi Rp30,8 triliun.

Lalu kapan sisanya?

Melansir akun twitter Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuanga, bagi ASN di daerah mekanisme penyalurannya mengikuti kebijakan pemerintah daerah masing-masing.

Diberitakan sebelumnya,Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerbitkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja / Buruh di Perusahaan pada 12 April 2021. Dalam SE tersebut disebutkan THR 2021 buruh / pekerja cair maksimal atau paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

Jika merujuk pada penentuan Idulfitri yang ditetapkan Muhammadiyah, yakni 13 Mei 2021, maka THR 2021 buruh / pekerja maksimal cair atau dibayarkan tanggal 6 Mei.

Pemberian THR 2021 buruh / pekerja merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja / buruh dan keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan.

Adapun THR PNS 2021 mulai cair hari ini, 3 Mei atau H-10 Lebaran jika Idulfitri ditetapkan tanggal 13 Mei 2021.

AYO BACA : Besaran THR Polisi dari Pangkat Tamtama hingga Perwira Tinggi, Cair Mulai Hari Ini

THR PNS 2021 cair berbarengan dengan THR TNI dan Polri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, pihaknya bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani sedang merampungkan payung hukum THR PNS 2021.

"Kemudian untuk ASN dan prajurit TNI-Polri, ini juga difinalisasi oleh Ibu Menkeu dan dibayarkan H-10," kata Airlangga dalam keterangan pers usai rapat terbatas di kantor presiden, Senin (19/4/2021), dikutip Republika.

THR Pensiun Sudah Cair 100%

Pemerintah juga telah membayarkan THR pensiunan yang disalurkan melalui PT Taspen Rp 7,6 triliun dan PT Asabri Rp 1,1 triliun. THR kepada pensiunan telah cair 100 persen dan dibayarkan pada 30 April. 

Bagi ASN daerah, mekanisme penyalurannya mengikuti kebijakan pemerintah daerah masing-masing," tulis pengumuman akun twitter tersebut seperti dikutip Jumat (7/5).

Pemerintah menetapkan THR dan gaji ke-13 PNS tahun sebesar gaji pokok dan tunjangan melekat seperti tahun lalu. Ketetapan tersebut memicu petisi yang ditujukan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memenuhi janji membayarkan THR PNS secara penuh atau mencakup tunjangan kinerja dan petisi ini telah diteken hampir 20 ribu orang. 

Dalam petisi tersebut, kebijakan THR tahun ini berbeda dengan pernyataan dan janji Sri Mulyani pada Agustus 2020. Saat itu Sri Mulyani menjelaskan THR dan Gaji ke-13 ASN Tahun 2021 akan dibayar penuh dengan tunjangan kinerja sebagaimana pada 2019.

AYO BACA : THR PNS CAIR HARI INI ? Ini Besarannya sesuai Peraturan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar