4 Tanaman Herbal yang Berpotensi Melawan Corona Covid-19

  Selasa, 04 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Sambiloto kaya manfaat untuk kesehatan, mulai dari merangsang sistem kekebalan atau imun tubuh hingga bisa mencegah serangan penyakit. Hal ini cocok untuk dikonsumsi saat pandemi Covid-19. (Shutterstock)

Ada 4 tanaman herbal yang dinilai berpotensi melawan virus Corona Covid-19, mulai dari Sambiloto hingga jahe merah.

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Peneliti di Indonesia tengah melakukan penelitian pada penggunaan tanaman herbal untuk Covid-19. Beberapa tanaman telah dimasukkan dalam studi ini.

"kita mengoleksi hampir darI 25 ekstrak tanaman. Kemudian, dari 25 itu kami sudah punya juga beberapa yang sudah disatndarisasi," ujar Dr Masteria Yunovilsa Putra dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dalam Webinar Uji Klinis dan Penanganan Covid 19 : Perkembangan Terbaru dalam Penggunaan Bahan Alam/Herbal sebagai Terapi Adjuvan Covid-19, Kamis (15/4/2021).

"Dari 25 tanaman ada 25 senyawa yang dalam literatur kami mungkin berfungsi sebagai lawan Sars-Cov-2 dan juga berfungsi sebagai imunomodulator, seperti itu," katanya.

AYO BACA : 3 Manfaat Sambiloto, Termasuk Meningkatkan Imun Tubuh

Dari 25 ekstrak tanaman tersebut, berikut beberapa tanaman yang sudah pernah diujikan untuk virus, antara lain:

1. Sambiloto

Tanaman sambiloto mulanya digunakan sebagai obat pilek, diare demam, dan penyakit infeksi lainnya. Sambiloto juga disebut efetif untuk melawan influenza A, hepatitis C, virus chikungunya, HIV, hepatitis B, Herpes, dan human pappilomavirus.

"Kita melakukan pengamatan konsentrasi dari ekstraksnya, kemudian kami melakukan uji terhadap virus Sars-Cov-2 terhadap sel dan kami melihat positif kontrol ini (sambiloto) dengan remdisivir hampir sama," ujar Dr. Masteria.

"Sambiloto ini memang sangat berpotensi sebagai antivirus, misalnya secara clinical study misalnya aman untuk gejala ispa, mengurangi gejala flu," imbuhnya.

2. Jahe Merah

AYO BACA : Zona Merah Covid-19 Indonesia Kembali Meningkat, Ini Daftarnya

Jahe merah dikenal sebagai tanaman antiperadangan.

"Ini menekan inflamasi pada pro-inflamatori, secara signifikan mengurangi kejadian inflamatori pada tubuh," kata Dr. Masteria.

3. Meniran

Meniran dikenal bisa merawat orang dengan penyakit infeksi, meningkatkan imun tubuh, dan menekan peradangan.

"Secara in vitro, ekstrak meniran ini menstimulasi sel NK pada pasien Hepatitis B," imbuhnya.

4. Sembung

Sama halnya Jahe merah, sembung juga memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan.

Menurut dokter Masteria, tujuan utama penelitian ini adalah untuk membuat pengobatan yang mempercepat kesembuhan pasien Covid-19 yang dikofirmasi dengan RT-PCR dengan pneumonia ringan, dan dosis intervensi selama 14 hari.

Itulah 4 tanaman herbal yang dinilai berpotensi melawan virus Corona Covid-19

AYO BACA : Ada Bantuan Kuota Gratis 95 GB dari Kemendikbud?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar