Jadwal Malam Lailatul Qadar 2021 ( Tanggal Ganjil ) & Amalan Nabi Muhammad di 10 Hari Terakhir Puasa Ramadhan

  Selasa, 04 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Jadwal Malam Lailatul Qadar 2021 (Tanggal Ganjil) & Amalan Nabi Muhammad di 10 Hari Terakhir Puasa Ramadhan. (Ayobandung.com)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Jadwal malam Lailatul Qodar diyakini datang pada malam ganjil di 10 hari terakhir puasa Ramadhan 2021.

Malam Lailatul Qadar merupakan malam spesial karena amalan di malam itu setara dengan 1.000 bulan. Malam Lailatul Qadar diyakini datang pada saat malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Berikut daftar tanggal malam ganjil dan malam genap 10 hari terakhir bulan puasa Ramadhan 2021, dikutip dari Ayocirebon.

  1. 2 Mei, Malam ke-21
  2. 3 Mei, Malam ke-22
  3. 4 Mei, Malam ke-23
  4. 5 Mei, Malam ke-24
  5. 6 Mei, Malam ke-25
  6. 7 Mei, Malam ke-26
  7. 8 Mei, Malam ke-27
  8. 9 Mei, Malam ke-28
  9. 10 Mei, Malam ke-29
  10. 11 Mei, Malam ke-30

Doa Lailatul Qadar yang diajarkan Rasulullah:

"Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, Engkau Mencintai pemaafan, maka maafkanlah aku,"

Menurut Ustaz Adi Hidayat, malam lailatul qadar adalah malam yang sangat istimewa.

Kata Ustaz Adi Hidayat, malam lailatul qadar berbeda dengan malam-malam lainnya. Ustaz Adi Hidayat pun membeberkan keistimewaan malam lailatul qadar di YouTube Adi Hidayat Official.

Pertama adalah nilainya. Ustaz Adi Hidayat mengatakan, berdasarkan Alquran nilai malam lailatul qadar sama dengan 1000 bulan lebih.

Jika 1000 bulan dikonversi ke dalam tahun maka menjadi 83 tahun. Jadi nilai malam lailatul qadar itu, kata Ustaz Adi Hidayat, sama dengan 83 tahun.

"Kalo ada orang beramal di malam itu, Allahu Akbar. Dia salat, maka salatnya senilai 83 tahun. Dia baca Alquran walau satu huruf, nun misalnya. Itu sama baca nun 83 tahun tanpa henti," terang Ustaz Adi Hidayat.

Pahala membaca satu huruf Alquran sama dengan 10 kebaikan di hari biasa. Sementara di ramadhan dikali 10 lagi. Nilainya 100. Dikali 83 tahun. "Hitungan Allah beda dengan hitungan manusia," kata Ustaz Adi Hidayat.

Amalan Nabi Muhammad di 10 Hari Terakhir Puasa Ramadhan

Dikutip dari Republika, Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan dengan kebaikan. Kedermawanan itu sampai pada puncaknya pada bulan Ramadan Ketika Malaikat Jibril AS mendatanginya.

"Malaikat Jibril AS selalu menemuinya pada setiap malam di bulan Ramadan," kata Imam Ghazali Rah seperti disampaikan Mokh Syaiful Bakhri dalam bukunya "Hikmah dan Rahasia Puasa."

Malaikat Jibril AS mengajarkan Alquran kepada Rasulullah SAW apabila beliau bertemu dengan malaikat Jibril, maka beliau lebih dermawan dengan kebaikan melebihi dari angin yang berhembus.

"Aisyah r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW apabila memasuki 10 malam terakhir bulan Ramadhan beliau mempererat sarungnya (tidak mendekati istrinya), menghidupkan malam 10 terakhir itu dengan membangunkan keluarganya."

Imam Ghazali Rah banyak hadits tentang keutamaan puasa. Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menyampaikan dari Tuhannya:

"Semua amal kebajikan anak Adam itu untuk dirinya sendiri, kecuali puasa jadi karena sesungguhnya "Puasa itu untuk-Ku dan Aku sendirilah yang akan membalasnya".

Puasa itu sebagai benteng. Apabila di antara kalian sedang berpuasa, janganlah berkata keji dan juga bertengkar. Sekiranya ada orang yang mencaci atau mengajaknya untuk bertengkar, maka katakanlah, " sesungguhnya saya sedang berpuasa. Demi Allah yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman kekuasaannya, bau mulut orang yang berpuasa bagi Allah lebih harum daripada bau minyak kasturi. Bagi orang yang berpuasa terdapat dua kegembiraan yaitu kegembiraan ketika dia berbuka puasa dan ketika bertemu dengan Tuhannya."

Dalam riwayat yang lain Rasulullah bersabda, "Dia meninggalkan makan dan minum untuk-Ku. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku sendirilah yang akan membalasnya dan setiap kebajikan sepuluh kali lipat pahalanya."

Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda. "Barangsiapa yang bersedekah dengan sepasang kendaraan untuk jihad fisabilillah, maka dia akan dipanggil dari semua orang pintu surga." Wahai hamba Allah itu baik, 'barangsiapa yang ahli salat, dia akan dipanggil dari pintu salat; barangsiapa yang ahli berjihad, maka dia dipanggil dari pintu jihad; bahwa barangsiapa ahli berpuasa, maka dia dipanggil dari pintu ar-Rayyan. Dan barangsiapa yang ahli bersedekah, maka dia dipanggil dari pintu sedekah" Lalu Abu Bakar bertanya adakah orang yang dipanggil dari semua pintu?" Rasulullah menjawab  "Ya, saya berharap semoga engkau termasuk dari golongan itu."

Sahl bin Sa'ad r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda "Sesungguhnya di surga itu terdapat pintu yang dikenal dengan nama Ar Rayyan sebagai pintu masuk bagi orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat. Tidak seorangpun yang dapat memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa. Penjaga pintu itu memanggil manakah orang yang berpuasa? Lalu mereka masuk ke surga dari pintu. Apabila orang yang terakhir dari mereka orang-orang yang sudah masuk sama maka pintu itu tertutup dan tidak seorangpun yang masuk dari pintu itu."

Itulah jadwal malam Lailatul Qodar yang diyakini datang pada malam ganjil di 10 hari terakhir puasa Ramadhan 2021 dan amalan Nabi Muhammad di 10 hari terakhir Ramadhan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar