867 Penyewa Rusunawa di Jatim Dapat Bantuan 2 Bulan dari Pemprov, Ini Syaratnya

  Senin, 03 Mei 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi -- Sewa 867 Unit Rusunawa di Jatim Dibayar Pemprov Jatim Selama 2 Bulan, Ini Syaratnya. (Pixabay)

Biaya sewa gratis rusunawa di Jatim selama 2 bulan diutamakan bagi para penyewa Rusunawa yang termasuk dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberikan kejutan bagi warga rumah susun sewa (rusunawa). Dia menggratiskan biaya sewa 4 rusunawa yang dikelola Pemprov Jatim selama 2 bulan, yakni Mei dan Juni 2021.

Khofifah mengungkapkan, hal itu dilakukan demi meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang belum rampung. Terlebih saat menjelang Lebaran 2021.

Total rusunawa milik Pemprov Jatim mencapai 867 unit. Ratusan unit tersebut tersebar di Rusunawa Gunungsari, SIER, Sumurwelut, hingga Jemundo.

"Selain pandemi Covid-19 belum berakhir dan masih berlakunya PPKM Mikro (menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H)," kata Khofifah, Senin (3/5/2021).

Pemprov Jatim mengkhususkan, biaya sewa gratis itu diutamakan bagi para penyewa Rusunawa yang termasuk dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dengan begitu, masyarakat bisa mempersiapkan keperluan lain tanpa perlu khawatir memikirkan biaya rusunawa dalam 2 bukan ke depan.

"Kebijakan ini untuk meringankan masyarakat menjelang pendaftaran sekolah," ujarnya.

Khofifah menganggap, berlakunya kebijakan PPKM Mikro di tengah Bulan Suci Ramadan berdampak pada penghasilan masyarakat. Pun dengan para penghuni Rusunawa yang juga mengalami penurunan.

Meski begitu, Khofifah mengimbau bila pemberlakuan PPKM Mikro merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka positif Covid-19 di tengah fenomena lonjakan penularan Corona varian baru di sejumlah negara lain.

Khofifah berharap, biaya sewa rusunawa selama 2 bulan itu bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Berdasarkan data Dinas PU Cipta Karya Provinsi Jatim, total biaya 867 unit rusunawa yang dibebaskan selama 2 bulan itu sekitar Rp 446,8 juta.

"Kami harap, kebijakan ini (pembebasan biaya selama 2 bulan) bisa dimanfaatkan maksimal. Kami imbau, penghuni tidak mudik dulu," tuturnya.

Tarif sewa setiap rusunawa yang dikelola Pemprov Jatim beragam, antara lain:

  1. 68 unit Rusunawa Jemundo, biaya sewa yang dibebaskan mencapai lebih dari Rp 17,4 juta,
  2. 466 unit Rusunawa Sumurwelut total sewa yang dibebaskan mencapai Rp 120,9 juta.
  3. 268 unit Rusunawa Gunungsari yang dihuni, total pembebasan biaya sewa selama 2 bulan adalah Rp 68,4 juta.
  4. Rusunawa SIER dengan jumlah 65 unit yang dihuni, total biaya sewa yang dibebaskan selama dua bulan mencapai Rp 16,7 juta.

Itulah informasi biaya sewa gratis rusunawa di Jatim selama 2 bulan yang diutamakan bagi para penyewa Rusunawa yang termasuk dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar