bank bjb


4 PMI dari Malaysia Terkonfirmasi Covid-19 Dievakuasi ke RSLI Surabaya

  Senin, 03 Mei 2021   Praditya Fauzi Rahman
PMI dari Malaysia yang terkonfirmasi Covid-19 dievakuasi ke RSLI Surabaya.

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Kepala Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Laksamana Pertama dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara membenarkan perihal jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang positif Covid-19 bertambah. Hingga Senin (3/5/2021) ini, RSLI Surabaya telah merawat 4 PMI dari Malaysia.

Nalendra mengatakan, mulanya 4 PMI itu berangkat terpisah dari negeri jiran. Seluruhnya, telah melakoni tes swab ketika berada di bandara. Saat itu, hasilnya negatif. 
Namun, saat tiba di Bandara Juanda Surabaya, keempatnya lantas dievakuasi ke Asrama Haji Surabaya untuk swab lagi. Lalu, mereka menjalani karantina selama 2 hari.

Hasilnya, menunjukan 4 orang itu positif Covid-19. 

AYO BACA : THR PNS CAIR HARI INI ? Ini Besarannya sesuai Peraturan

"Mereka (4 PMI asal Malaysia) yang terkonfirmasi positif (Covid-19), langsung dikirim ke RSLI untuk segera ditangani," beber Nalendra, Senin (3/5/2021). 
Data yang diperoleh AyoSurabaya.com menyebutkan, 1 orang PMI dengan jenis kelamin laki-laki dikirim ke RSLI pada Jumat (30/4/2021) dan 3 lainnya dikirim ke RSLI pada Sabtu (1/5/2021).

Nalendra mengungkapkan, 4 PMI Malaysia yang positif Covid-19 itu isolasi dalam ruangan khusus. Untuk pasien laki-laki, ditempatkan diruang Neptunus dan pasien perempuan di Saturnus. 

Menurutnya, pemisahan tersebut bertujuan untuk memonitoring dan mengawasi kondisi keempat PMI itu secara ketat. Baik selama proses pemulihan, menghindari kemungkinan merebaknya virus dari luar tersebut ke tempat umum, hingga pendampingan psikologis sekalipun.

AYO BACA : Besaran THR Polisi dari Pangkat Tamtama hingga Perwira Tinggi, Cair Mulai Hari Ini

"Pemisahan terkait dinamika virus yang ada pada tubuhnya juga untuk mencegah (virus) supaya tidak menimbulkan dampak yang lebih luas," tuturnya. 

Pemisahan pasien PMI pihak RSLI juga merupakan salah satu upaya mengantisipasi virus Corona dengan varian baru. Bahkan, sampel hasil swab PCR 4 PMI yang positif Covid-19, akan dikirim ke Litbangkes Jakarta ihwal penelitian lebih detil.

Nalendra menegaskan, salah satu kunci untuk menghadapi Covid-19 adalah tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Dimanapun, kapanpun, dan saat bertemu dengan siapapun.

"Jangan sampai, Covid-19 yang bersumber dari luar negeri membawa dan menebarkan varian baru yang lebih berbahaya," ujarnya.


 

AYO BACA : Kartu Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka, Kuota Hanya 47 Ribu

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar

_atrk_opts = { atrk_acct:"XGeit1zDGU20kU", domain:"ayosurabaya.com", dynamic: true}; (function() { var as = document.createElement('script'); as.type = 'text/javascript'; as.async = true; as.src = "https://certify-js.alexametrics.com/atrk.js"; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s.parentNode.insertBefore(as, s); })();