Puluhan Satpol PP Dirumahkan karena 2 Anggota Covid-19

  Jumat, 14 Agustus 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi (Ayobandung.com)

BLITAR, AYOSURABAYA.COM -- Karena dua staf positif Covid-19, sebanyak 86 anggota Satpol PP Kabupaten Blitar menjalani tes swab massal.

Pelaksanaan swab tersebut dilakukan dalam dua gelombang Jumat (14/8/2020) dan besok.

Kasatpol PP Kabupaten Blitar Rustin mengatakan, swab ini dilakukan menyusul dua anggotanya terkonfirmasi Covid-19. Hasil itu didapat dari 12 orang personil yang mengikuti swab.

"Jadi dua belas orang itu mengikuti swab. Bukan program dari kami (Satpol PP). Tetapi karena bapak (Bupati Blitar) ikut swab, anggota kami ikut juga. Hasilnya ternyata ada dua orang yang positif," ungkapnya.

Secara keseluruhan, lanjut Rustin, terdapat 98 personel anggota Satpol PP. Jumlah itu terbagi dalam dua lembaga termasuk 30 personel di bagian pemadam kebakaran.

Dua orang yang terkonfirmasi positif tersebut, kini telah menjalani isolasi di Gedung Local Education Center (LEC) di Garum. Keduanya bertugas di bagian administrasi dan berstatus positif tanpa gejala.

Sedangkan, 10 orang lain yang berstatus negatif swab tetap bekerja seperti biasanya dengan tupoksi pengawalan Bupati Blitar. Pantauan di lokasi, sebagian personel juga bersiap menunggu waktu untuk swab.

Dengan pelaksanaan swab ini praktis merubah jam kerja petugas Satpol PP dan Damkar. Mereka yang dinyatakan negatif akan dirumahkan sementara waktu terhitung hari ini hingga Rabu (19/8/2020) mendatang.

Mereka yang dirumahkan yakni personil yang bertugas di bagian administrasi. Sedangkan, petugas yang bekerja di bagian pengawalan, piket pos jaga tetap bekerja.

Namun begitu, Rustin tak berkenan bila kantor Satpol PP disebut sedang lockdown.

"Tetapi mereka on call. Artinya kalau ada kebutuhan mendadak langsung ditindaklanjuti. Kalau ada yang positif maka akan langsung dikarantina," tegasnya.

Saat ini, proses swab masih berlangsung hingga Sabtu besok. Rustin belum bisa menunjukan hasilnya karena butuh waktu memeriksa hasil swab para personil Satpol PP tersebut.

"Ada yang dibawa ke Malang dan ada yang dibawa ke Surabaya. Nanti yang menyampaikan adalah Dinas Kesehatan," katanya.

Sementara itu, penambahan jumlah pasien hingga kini terus meningkat.

Mengutip data Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, per Kamis (13/8/2020) malam, jumlah komulatif pasien Covid-19 mencapai 312 orang.

Jumlah ini terdiri dari 249 sudah sembuh, 47 orang dirawat sedangkan 16 lainnya meninggal dunia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar