Malang Cetak Jumlah Harian Tertinggi Covid-19

  Jumat, 24 Juli 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi pandemi (www.freepik.com)

MALANG, AYOSURABAYA.COM -- Pasien Covid-19 di Kota Malang bertambah 48 orang atau menjadi kenaikan harian tertinggi.

Sehingga, secara keseluruhan ada sebanyak 492 kasus positif virus corona di kota tersebut per Jumat (24/7/2020).

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang Nur Widianto mengatakan bahwa, dari total 48 pasien tambahan positif Covid-19 tersebut, sebanyak 47 orang saat ini telah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

“Sebanyak 47 pasien sudah pada posisi rawat inap di rumah sakit, dan hasil swab baru keluar hari ini. Satu orang lainnya dirawat di rumah,” kata Widianto, Jumat ini.

Sebagai catatan, penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 48 orang dalam satu hari di Kota Malang tersebut, merupakan yang paling tinggi sejak pandemi Covid-19 mulai merebak di wilayah itu. Widianto menambahkan, dari total 48 kasus baru Covid-19 tersebut, sebanyak 36 orang sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) atau yang saat ini disebut suspek dan lima di antaranya dilaporkan telah meninggal dunia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, lanjut Widianto, 48 pasien yang dinyatakan positif Covid-19 itu menjalani tes usap atau swab test pada 10-21 Juli 2020. Namun, belum ada informasi pasti terkait mulai kapan pasien tersebut sudah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

"Potensi besar tambahan kasus berasal dari PDP yang hasil swabnya baru keluar," ujar Widianto seperti dilansir dari Antara dan Republika.co.id.

Widianto mengatakan, Pemerintah Kota Malang hingga saat ini terus berupaya untuk menekan penambahan kasus baru positif Covid-19. Di antaranya dengan mengoptimalkan pelacakan atau tracing, perawatan, dan operasi disiplin penerapan protokol kesehatan.

"Kami berupaya dengan memperkuat tracing sehingga mendapatkan gambaran utuh terkait kontak erat. Selain itu, optimalisasi perawatan, dan rutin melakukan operasi disiplin," ujar Widianto.

Tercatat, jumlah suspek Covid-19 di wilayah Kota Malang hingga saat ini ada sebanyak 586 orang. Dari total tersebut, sebanyak 59 orang dilaporkan meninggal dunia, 275 orang berada dalam perawatan, dan sisanya sudah dinyatakan sehat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar