57 Santri Gontor Dikarantina: Tunggu Hasil Tes

  Rabu, 22 Juli 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi santri (Suara.com/Alfian Winanto)

PONOROGO, AYOSURABAYA.COM -- Usai menjalani tes usap PCR, sebanyak 57 santri Pondok Modern Darussalam Gontor kampus 2, Ponorogo, masih harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Mereka kini diisolasi di bangunan pondok terpisah dari santri sehat lainnya.

"Hari ini kami mendapat konfirmasi tambahan satu kasus baru dari klaster Gontor. Dan dari kelompok ini masih ada 57 santri yang menunggu hasil (tes usap PCR) di kamar-kamar isolasi di kompleks Pondok Modern Gontor," papar Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni, Rabu (22/7).

Menurut Ipong, jumlah santri Pondok Gontor yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, dari total 110-an yang menjalani tes usap PCR, ada 52 orang yang terdiri dari santri (mayoritas). Dari total akumulasi kasus Corona itu, 48 di antaranya sudah sembuh dan diperbolehkan kembali ke pondok untuk melanjutkan iaolasi selama 14 hari.

"Semoga sebelum akhir pekan ini hasil pemeriksaan segera keluar, sehingga langkah penanganan lebih terukur dan efisien," katanya seperti dilansir dari Republika.co.id dan Antaranews.com.

Dengan penambahan satu kasus baru Covid-19 ini, total kasus terkonfirmasi positif SARS-Cov-2 di Ponorogo hingga sekarang tercatat sebanyak 142 kasus, dengan 102 di antaranya sembuh. Angka kesembuhan ini termasuk 11 pasien asal Pondok Gontor (delapan santri) dan tiga nonsantri yang hasil tes usap PCR-nya jari ini dinyatakan negatif Covid-19.

Ipong berharap tren kesembuhan ini terus bertambah yang dibarengi dengan menurunnya rasio transmisi penularan di masyarakat.

"Karena itu kami tidak pernah lelah mengimbau kepada seluruh warga Ponorogo agar senantiasa menjalanlan protokol kesehatan secara ketat dalam aktivitas sehari-hari, serta Meningkatkan kewaspadaan dan monitoring kedatangan warga dari zona merah," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar