Viral, SMKN 4 Malang Jadi Hotel: Bukan karena Pandemi

  Selasa, 14 Juli 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Sekolah jadi hotel di Kota Malang. (TimesIndonesia via Suara)

MALANG, AYOSURABAYA.COM -- SMKN 4 Kota Malang jadi viral lantaran dipasang plang merek hotel.

Namun, faktanya benar, di sekolah itu ada hotel. Sejumlah ruang kelas sekolah menjadi kamar hotel dan dikomersilkan. Rupanya hal itu memang sengaja.

Sekolah vokasi yang berada di Jalan Tanimbar, Klojen, Kota Malang, itu juga terpasang papan nama RedDoorz. Kontan saja, itu kemudian viral di media sosial.

Sekolah tidak membenarkan jika adanya hotel di sekolahnya itu karena dampak pandemi Covid-19. Tapi semuanya untuk menunjang studi siswa yang mengambil jurusan perhotelan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Eko Wahyudi, menjelaskan adanya hotel dengan menggandeng pihak swasta itu sudah berdiri sejak tahun lalu.

Sebelumnya, SMKN 4 Malang bekerja sama dengan Airy Syariah. Karena Airy kolaps, pihaknya kemudian menggandeng RedDoorz dengan sistem sharing profit.

"Fungsinya memang untuk laboratorium praktik jurusan perhotelan. Faktanya memang tidak ada hubungannya dengan pandemi karena kita sudah punya hotel tahun lalu," katanya seperti dilansir dari Suara.com dan TimesIndonesia.co.id, Selasa (14/7/2020).

Ia menceritakan sejarah munculnya inisiatif pembukaan kamar hotel yang memanfaatkan ruang kelas. Beberapa tahun lalu, jumlah penerimaan siswa SMKN 4 Malang dibatasi.

Semula satu angkatan bisa 1200 peserta didik. Karena ada peraturan pemerintah terkait pembatasan, pihaknya mengurangi sekitar delapan kelas per angkatan.

"Nah kelas yang kosong kan tidak terisi, inovasinya kita buka hotel diiringi dengan pembukaan perhotelan. Sekolah kita juga Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dimana kita diberi kewenangan untuk membuka usaha, yakni pelaporannya ke BPKAD provinsi," bebernya.

Kamar hotel yang dipakai untuk umum ini merupakan sisa ruang kelas yang dulunya dikurangi akibat pengurangan jumlah siswa.

SMKN 4 Malang mempunyai total 28 kamar. Rinciannya, 26 kamar mandi dalam, 2 kamar mandi luar. Semuanya difasilitasi AC, TV, spring bed dan fasilitas penunjang lainnya layaknya hotel berbintang.

Eko menambahkan, bisnis perhotelan yang digerakkan sekolahnya ini tahun lalu dilaporkan mendapati banyak pengunjung. Terutama saat weekend.

Menurut Eko, penetrasi sekolah dengan menggandeng pihak swasta demi bisnis dan pendidikan diperbolehkan. Karena, kata dia, SMKN 4 Malang masuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Aturannya pihak swasta boleh masuk dan kerjasama. Kita boleh kerjasama karena BLUD. Jadi yg penting di situ ada sharing profit yang saling menguntungkan," imbuhnya.

Selain ada karyawan khusus hotel, siswa jurusan perhotelan juga dilibatkan untuk sekaligus belajar praktek manajemen serta pelayanan pengunjung hotel.

SMKN 4 Malang membuka hotel kepada masyarakat umum mulai 15 Juli 2020. Pengunjung akan dilayani layaknya tamu di hotel berbintang dengan manajemen tersendiri yang khusus menangani perhotelan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar