Meski Ada Jam Malam, Kasus Covid-19 di Gresik Tetap Melonjak

  Selasa, 07 Juli 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Seorang pemotor dimarahi polisi karena keluyuran tengah malam. (Suara.com/Achmad Ali)

GRESIK, AYOSURABAYA.COM -- Pemkab Gresik memberlakukan jam malam untuk mencegah penularan Covid-19.

Namun, langkah tersebut belum bisa langsung terasa. Pasalnya, semakin banyak warga yang terapapar virus corona. 

Dari data yang dimiliki Satgas Covid-19 Kabupaten Gresik, tercatat jumlah warga yang terpapar positif mencapai angka 923 kasus. Tambahan kasus positif itu, berasal dari 12 kecamatan. Dari jumlah itu, Kecamatan Kebomas menyumbang 10 kasus disusul kemudian Manyar 5 kasus.

Sementara pasien yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 292 orang. Sedangkan yang sudah dinyatakan sembuh 104 orang. Pasien yang meninggal akibat virus ini ada 91 orang.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik AM Reza Pahlevi mengatakan, ada tambahan 29 kasus dari semula 894 orang yang terpapar Covid-19.

“Pemberlakuan jam malam lebih ditingkatkan lagi mengingat masih banyak masyarakat yang tidak mengabaikan penegakan protokol kesehatan,” tuturnya seperti dilansir Beritajatim.com dan Suara.com pada Selasa (7/07/2020).

Pemkab Gresik sebelumnya telah memberlakukan jam malam sesuai Perbup Nomor 22 tahun 2020, namun belum menunjukan hasil positif.

Lantaran itu, pihak Pemkab Gresik akan memberlakukan sanksi yang lebih tegas. Karena itu, masyarakat juga diimbau agar tidak seenaknya beraktivitas di luar meski tidak ada lagi pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Meski sudah memasuki transisi new normal tingkat kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan masih rendah,” paparnya.

Jajaran petugas yang berasal dari Kodim 0187, Polres Gresik, dan Dinas Satpol PP Gresik sebelumnya telah melakukan razia di sejumlah warung kopi yang kerap menjadi tempat nongkrong warga masyarakat. Pun area publik juga menjadi target lokasi razia juga.

Selain itu, petugas juga telah menempelkan stiker imbauan pembatasan jam operasional, yakni mulai jam 22.00 hingga 04.00 wajib tutup untuk menghindari kerumunan massa.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar