Hina Profesi Perawat, Pemilik Akun FB Dipolisikan

  Kamis, 21 Mei 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Reuters)

PROBOLINGGO, AYOSURABAYA.COM -- DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Probolinggo mempolisikan pemilik akun media sosial Facebook lantaran melecehkan profesi mereka.

Wakil Ketua Bidang Hukum dan Pemberdayaan Politik DPD PPNI Kabupaten Probolinggo, Sugianto mengatakan akun yang diduga menghina profesi perawat tersebut adalah Cong Giono.

Dalam kolom komentar, akun itu menuliskan 'Ini mau membangga banggakan perawat/dokter yg sok soan menangani pasien Covid 19 dengan baik. Sok Sokan di Pahlawankan. Kan Goblok. Dan Semoga pasien pasien yang terjangkit Covid lekas sembuh karena Allah SWT. Dan Perawat Perawat goblok tak perikemanusiaan dimatikan oleh wabah ini Amin. By sok Pahlawan".

"Karena akun ini sudah melakukan ujaran kebencian terhadap profesi kami maka kami lakukan pelaporan," kata Sugianto, Rabu (20/5/2020).

Menurutnya, para perawat telah bekerja dengan maksimal dalam penanganan Covid-19.

"Kami berharap agar profesi perawat dihargai. Untuk selanjutnya atas laporan ini, kami serahkan kepada polisi," ujarnya seperti diberitakan Jatimnow.com dan Republika.co.id.

Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Heri Sugiono membenarkan pihaknya telah menerima laporan dari PPNI karena adanya ujaran kebencian yang melecehkan profesi perawat.

"Untuk akun yang disangkakan melakukan ujaran kebencian, kami sudah kantongi identitasnya dan sudah dilakukan pengawasan," jelasnya.

Menurutnya, jika berkaitan dengan ujaran kebencian maka secara otomatis akan dikenakan sanksi pasal pasal 27 Undang undangan nomor 3 tentang ITE dengan ancaman 5 tahun penjara.

"Kami juga akan meminta keterangan dari saksi dalam proses penyelidikan nantinya," tandasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar