Tenaga Medis di Jombang Positif Covid-19 Usai Ikut Pelatihan Haji

  Senin, 13 April 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi — rapid test virus corona. (Suara.com/Emi)

JOMBANG, AYOSURABAYA.COM — Salah satu tenaga medis di Jombang dinyatakan positif Covid-19.

Orang tersebut diduga tertular virus corona saat ikut pelatihan petugas haji di Surabaya. Paramedis ini merupakan warga Jombang. Sampai Senin (13/4/2020) ini, sudah 4 orang yang positif virus corona.

“Yang bersangkutan adalah peserta pelatihan petugas haji di Surabaya, sebagai tenaga kesehatan Kabupaten Kediri. Sepulang dari diklat, yang bersangkutan melakukan pemeriksaan secara mandiri dengan hasil rapid test negatif,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jombang Budi Winarno di Jombang, Senin (13/4/2020).

Hanya saja, tim medis itu melakukan pemeriksaan secara mandiri ke Surabaya, hasil pemeriksaan dia positif virus corona. Nah, semenjak saat itu tenaga medis asal Kecamatan Diwek tersebut melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Kondisi kesehatan yang bersangkutan tanpa ada keluhan. Namun dari hasil tersebut belum dapat dijadikan dasar untuk penetapan status terkonfirmasi, karena yang memiliki kewenangan untuk menyatakan status terkonfirmasi adalah Balitbangkes,” sambungnya seperti dilansir dari BeritaJatim.com dan Suara.com.

Selanjutnya pada 8 April 2020 dilakukan pengambilan test SWAB untuk dikirim ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan. Hasilnya, Minggu (12/4/2020), pemerintah Provinsi Jawa Timur menginformasikan hasil SWAB bahwa ada penambahan 1 orang yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Jombang.

“Tenaga medis tersebut terkonfirmasi positif. Yang bersangkutan sehari-hari bekerja sebagai ASN tenaga kesehatan di Kabupaten Kediri, Jenis Kelamin Perempuan, Usia 42 Tahun, berdomisili di wilayah Kecamatan Diwek,” pungkas Budi.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar