Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Dibuka Juli-Desember 2019

  Rabu, 17 Juli 2019   Rahim Asyik
Kementerian Komunikasi dan Informatika buka pendaftaran program pembinaan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital dari Juli-Desember 2019. (Pixabay)***

Kementerian Komunikasi dan Informatika buka pendaftaran program pembinaan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital dari Juli-Desember 2019.

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM-- Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka pendaftaran program pembinaan "Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital" mulai bulan Juli hingga akhir tahun 2019.

"Selama 3 tahun perjalanan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, telah memberikan kesempatan bagi puluhan ribu anak Indonesia untuk mendapat wadah merealisasikan mimpi besar mereka melalui solusi digital," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, Rabu (17/7/2019).

"Di tahun ini Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital hadir dengan strategi, tahapan, dan fitur-fitur yang berbeda dari sebelumnya," kata Semuel Abrijani Pangerapan.

AYO BACA : Indonesia Miliki 2119 Startup: 3 Berstatus Unicorn dan 1 Decacorn

Kominfo melakukan sejumlah pembaruan untuk Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital tahun ini, berupa revisi kurikulum yang fokus pada inkubasi startup.

Konsep gerakan itu pun bergeser, menjadi perluasan skala startup dan peningkatan kualitas pengembangan startup. Dilakukan antara lain dengan menggandeng kementerian dan lembaga lain serta mitra lokal.

Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Ekonomi Digital, Lis Sutjiati menyatakan mereka juga meningkatkan kualitas mentor dan portofolio.

AYO BACA : Bukalapak Startup Nomor 1 di Indonesia

"Gerakan ini bukan sekolah, tapi merupakan upaya untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital. Apalagi di Indonesia masih banyak peluang untuk membuat solusi dari permasalahan sehari-hari sampai masalah kota dan bangsa, mulai dari pertanian, pendidikan, kesehatan, dan lainnya," kata Lis.

Program itu dilakukan secara intensif di 10 kota di Indonesia selama 6 bulan ke depan. Akan tetapi masih belum jelas kota mana saja yang masuk dalam program ini.

Program berupa pembekalan materi, berjejaring, konsultasi terkait model bisnis, dan strategi pemasaran serta inkubasi berupa sesi mentoring yang mendalam.

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital merupakan salah satu program pemerintah untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam industri digital. Program ini sesuai dengan salah satu prioritas yang disebutkan Joko Widodo dalam periode kedua masa jabatannya.

Gerakan ini didukung oleh komunitas, dan perusahaan Kumpul terpilih menjadi koordinator nasional program ini.

"Kumpul sebagai platform pembelajaran bersama yang memberdayakan coworking space, bertujuan untuk membangun ekosistem yang fokus pada pertumbuhan wirausaha. Melalui Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, kami berharap dapat menghadirkan jaringan kewirausahaan yang lebih inklusif dan berkelanjutan," kata CEO Kumpul, Faye Alund.

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital dibuka untuk usia 18 hingga 40 tahun, pendaftaran dapat dilakukan di sini.

AYO BACA : Penerapan Jaringan 5G Menunggu Saat yang Tepat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar